Layanan Bunda Textalk Siap Beroperasi

8

Ibu-ibu hamil dari RW 08 sedang melihat langsung contoh menerima sms langsung di handphone-nya

Sejumlah kader kesehatan dan bidan antusias mengikuti serangkaian sosialisasi dan pelatihan dalam pengelolaan sistem informasi berbasis ponsel di Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

Antusiasme tersebut timbul karena sistem informasi yang dikenalkan merupakan layanan informasi yang b erkaitan dengan kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak yang ke depan di kelola di tingkat desa, untuk memberikan informasi, pengetahuan, pertukaran pengalaman di antara ibu-ibu hamil, para pendamping atau wali serta masyarakat desa.

Sistem layanan informasi tersebut bernama Bunda TexTalk, atau singkatan dari Bunda, Neonatal dan Anak (BUNDA), sedangkan TexTalk merupakan istilah yang sering digunakan pada aplikasi telepon seluler berupa pesan singkat atau short messages services (SMS). Namun yang menarik, secara foneris TexTalk di Desa Citali, yang mayoritas masyarakat Sunda, lebih lafal dengan istilah“TekTok” yang memiliki arti saling bersaut-sautan.

Tentang Bunda TexTalk?

Sistem Bunda TexTalk ini digagas oleh Perkumpulan INISIATIF yang merupakan lembaga masyarakat berbadan hukum yang berdomisili di Kota Bandung, dan didukung oleh organisasi masyarakat asal Belanda, atau lebih dikenal dengan HIVOS, di bawah payung jaringan organisasi masyarakat pendukung keterbukaan informasi dan teknologi se-Asia Tenggara bernama SEATTI.

Bunda TexTalk bertujuan untuk menguatkan saluran komunikasi antara bidan desa, kader kesehatan masyarakat, dan ibu hamil dalam pertukaran informasi, pengetahuan , pemahaman dan pengalaman dalam menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi baru lahir, yang pada umumnya dilakukan melalui pertemuan tatap muka.

Bunda TexTalk merupakan perangkat lunak berbasis komputer yang berfungsi memberikan informasi bagi ibu hamil, dan para pendampingnya, seperti suami atau anggota keluarga lainnya, seputar menjaga kesehatan kehamilan, persiapan persalinan dan pasca persalinan dan perawatan bayi baru lahir.

Pada tahap pengembangan awal, layanan Bunda TexTalk telah siap beroperasi untuk memberikan fasilitasi layanan berupa pengingat (reminder), peringatan (alert) dan konsultasi interaktif bagi ibu hamil dan pendampingnya. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh antara lain ibu hamil akan mengetahui perkembangan usia kehamilan, jadwal pemeriksaan kandungan, jadwal pertemuan rutin serta kiat-kiat menjaga kesehatan semasa kehamilan sampai pada persalinan secara gratis.

Sementara itu, bagi suami/pendamping atau wali, di samping mendapatkan informasi tentang perkembangan usia kandungan sang ibu/istri, kiat mendampingi sang ibu/istri, dan kiat-kiat persiapan bagi sang buah hati pun turut menjadi bagian dari informasi yang diberikan secara gratis. Sedangkan, keluhan maupun pertanyaan dapat diakomodasi melalui fasilitas konsultasi interaktif, yang dijawab langsung oleh Bidan Desa/Dokter, di luar agenda atau jadwal-jadwal rutin yang biasa dilakukan di tingkat desa.

Selebihnya, pemerintahan desa maupun masyarakat desa, dapat pula mengakses informasi seputar kesehatan ibu hamil, kiat kesehatan lainnya melalui situs resmi Bunda TexTalk  www.bundatextalk.inisiatif.org , dan dapat menyumbangkan pemikiran, ide, inisiasi, kreativitas dalam bentuk apapun dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang lazim digunakan oleh masyarakat desa.

Keunggulan Bunda TexTalk

Keunggulan Bunda TexTalk terletak pada pengelolaannya. Pola pengelolaan layanan Bunda TexTalk diatur sedemikian rupa agar dapat dikelola oleh masyarakat desa, yang secara khusus dikelola oleh kader-kader kesehatan desa maupun bidan desa, untuk memberikan pelayanan dan akses informasi bagi sejumlah ibu hamil, pendamping maupun masyarakat desa secara umum.

Perumusan pesan-pesan singkat secara situasional dirubah dan diatur oleh pengelola desa, baik dari sisi konten, bahasa yang digunakan, sampai pengaturan waktu pengiriman pesan bagi ibu hamil maupun pendampingnya, seluruhnya dikelola oleh pengelola desa, yang terdiri dari kader, bidan desa, anggota masyarakat lainnya.

Di samping itu, khusus bagi pemerintahan desa, Bunda TexTalk berpeluang untuk menginspirasi model pelayanan publik di tingkat desa, sesuai dengan Undang- Undang No.6 tentang Desa, khususnya tentang Sistem Informasi Desa (SID).

Meski layanan Bunda TexTalk ini baru diterapkan di Desa Citali, Kecamatan Pamulihan sebagai lokasi pilot, diharapkan model tersebut dapat menginspirasi desa-desa yang lain di Kabupaten Sumedang. Adapun cita-cita yang dibangun dari layanan Bunda TexTalk bukan semata-mata memberikan akses terhadap informasi, melainkan menggalang kembali solidaritas sosial masyarakat desa atau gotong royong, melalui saluran komunikasi dan teknologi ponsel ini.

Comments

comments