Perkumpulan INISIATIF Selenggarakan Pelatihan Perencanaaan Desa untuk Fasilitator Program Peduli

Perkumpulan Inisiatif Pelatihan di Surabaya

Novi Anggraini memberikan sambutan

Perkumpulan INISIATIF bersama Konsorsium Peduli Desa (KPD) didukung oleh The Asia Foundation menyelenggarakan pelatihan perencanaan dan penganggaran desa untuk para fasilitator Program Peduli pada tanggal 18-21 Mei di Hotel Zodiak Kota Surabaya.

Dalam sambutan pembuka, Donny Setiawan selaku Direktur Perkumpulan INISIATIF sekaligus mewakili konsorsium menyatakan bahwa salah satu tujuan penting pelatihan ini untuk memastikan fasilitator bisa mengajak komunitas dampingannya terlibat dalam proses perencanaan dan penganggaran di desanya masing-masing.

Pada prosesnya pelatihan ini akan lebih difokuskan pada mekanisme partisipasi perencanaan desa. Dengan mengetahui mekanisme perencanaan desa ini, maka komunitas dan fasilitator dapat mendorong pemerintah desa untuk membuka ruang partisipasi seluas mungkin kepada komunitas dampingan Program Peduli. Begitu ungkap Donny di akhir sesi sambutan pembuka.

Meneruskan sambutan Donny, Novi Anggraini dari The Asia Foundation (TAF) menyatakan bahwa tujuan penting lainnya pelatihan ini agar kawan-kawan komunitas dampingan Program Peduli mampu mendapatkan keuntungan dari pemberlakukan Undang-Undang Desa berserta aturan-aturan turunan lainnya. Selanjutnya, pada akhir pelatihan ini, pihak TAF berharap akan terbentuk sebuah jaringan nasional yang fokus dalam Undang-Undang Desa dan adanya peningkatan kapasitas bagi seluruh peserta pelatihan perencanaan dan penganggaran desa.

Dadan Ramdan, selaku fasilitator pelatihan menyatakan bahwa materi pelatihan selama kurang lebih empat hari ini terbagi ke dalam beberapa bagian besar. Pertama, adalah mengenai dinamika regulasi aturan mengenai desa dimulai dari Undang-Undang sampai dengan Peraturan Pemerintah dan Permendagri. Kedua, siklus dan mekanisme perencanaan dan penganggaran desa. Ketiga, penyusunan dokumen RPJMDesa dan RKPDesa. Keempat, pengelolaan APBDesa. Kelima, penyusunan aturan-aturan setingkat desa.

Mengenai proses pelatihannya itu sendiri, Dadan Ramdan menyatakan bahwa di setiap materi pelatihan akan diikuti oleh simulasi materi tersebut. Harapannya dengan adanya simulasi tersebut peserta dapat memahami lebih dalam mengenai materi yang disampaikan dan mempunyai pengalaman dalam mensimulasikan setiap materi tersebut.

“Dengan adanya simulasi tersebut peserta diharapan tidak cepat lupa akan materi yang disampaikan sehingga saat pelatihan ini usai, peserta dapat menularkan ilmunya tersebut kepada para komunitas dampingan Program Peduli di tempatnya masing-masing” begitu ungkap Dadan Ramdan sesaat setelah sambutan pembukaan usai.

Comments

comments