Harapan Warga Bandung Kepada Wali Kota Menurun

INILAH, Bandung – Harapan warga Kota bandung terhadap kepemimpinan Wali Kota Ridwan kamil dan Wakil Wali Kota Oded M Danial ternyata menurun.

Hal itu terungkap dari hasil survei yang dilakukan Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran Kota Bandung bekerja sama dengan Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (eLSID) bertajuk ‘Penilaian Kepuasan Masyarakat Terhadap Ridwan Kamil dan Oded Muhammad Danial’.

“Waktu keduanya diangkat, kami melakukan survei. Saat itu harapan dan keyakinan masyarakat Bandung kepada keduanya begitu tinggi, mencapai 93 persen. Tetapi, survei kedua (April 2015) terjadi penurunan menjadi 69 persen,” ujar peneliti eLSID, Dedi Barnadi dalam pemaparan hasil survei di Hotel Amaroossa Kota Bandung, Rabu (27/5/2015).

Dalam acara itu, hadir pula Dr Muradi dari PSPK Unpad, Arief Anshory Yusuf dari CEDS Unpad, dan Mokhamad Ikhsan dari perkumpulan Inisiatif.

Dedi menjelaskan, survei itu digelar sebagai sarana pengawasan publik terhadap kinerja pemerintah. Hal ini sesuai Permen PAN-RB No 16 tahun 2014 mengenai pedoman survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

Meski harapan dan keyakinan warga mengalami penurunan, Dedi menjelaskan, hasil survei itu tidak menyimpulkan puas tidaknya warga terhadap kepemimpinan Ridwan dan Oded.

“”Namun yang perlu digarisbawahi adalah adanya penurunan harapan dan keyakinan masyarakat selama kepemimpinan Ridwan Kamil dan Oded M Danial saat ini,” jelasnya.

Dedi menambahkan, survei yang dilakukan pihaknya tak lain hanya sebuah motivasi bagi pasangan Ridwan-Oded untuk bekerja lebih keras.

“Pak wali harus menunjukan bahwa apa yang menjadi kebijakannya dapat menyentuh secara keseluruhan. Di dalam survei juga didapati, kalau pembangunan kota tidak merata. Pembangunan hanya berpusat di kota saja,” tambah dia.

Sementara itu, Muradi mengamati, warga Kota Bandung hanya diberikan mimpi-mimpi indah tanpa realisasi dari sang pemimpin.

“Hanya diberi mimpi, seharusnya jangan (hanya) ngurus taman. Tetapi prioritaskan kesejahteraan sosial masyarakatnya seperti pendidikan dan kesehatan,” kata Muradi seusai kegiatan.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2208526/harapan-warga-bandung-kepada-wali-kota-menurun (akses 5/28/2015 10:32:18 AM)

Comments

comments