Ingin Tahu Hasil Kinerja Emil – Oded, PSPK dan LSID Sedang Membahasnya

Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran bekersama dengan Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (LSID) meyelenggarakan Survey Sosial Kemasyarakatan dengan tema “Penilaian Kepuasan Masyarakata Terhadap Kinerja Ridwan Kamil dan Oded”.

Bertempat di Hotel Amaroosa, Rabu (27/5/2015), hasil survei akan disampaikan oleh Dedi Barnadi, peneliti dari eLSID serta Dr. Muradi dari PSPK Unpad. Kemudian agar hasil membaca survei ini komprehensif, menghadirkan pula Dr. Arief Anshory Yusuf dari CEDS Unpad dan Mokhamad Ikhsan dari Perkumpulan Inisiatif.

Latar belakang serta landasan dilaksanakan kegiatan ini adalah sarana pengawasan publik terhadap kinerja pemerintah. Selain itu dalam peraturan yang pemerintah buat untuk mengaktualisasikan salah satu prinsip good govermance yakni adanya keterbukaan informasi publik atas penyelenggaraan suatu pemetintahan.

Dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) No.16 Tahun 2014 mengenai Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Dalam Permen tersebut salah satu pasalnya, yakni pasal 2 angka (1) menyebutkan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik wajib melakukan Survei Kepuasan Masyarakat secara berkala minimal satu tahun sekali. Namun, selama ini Rudwan Kamil dan Oded Muhammad Danial belum melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat sebagai mana yang diamanatkan dalam Permen tesebut.

Penilaian Kepuasan Masyarakat merupakan indikator yang penting dalam pembangunan suatu wilayah. Masyarakat merupakan unsur yang sangat penting dalam logika pembangunan.

Agar perjalanan atas upaya pembangunan dapat mengentaskan kemiskinan serta mewujudkan misi sejahtera dan keadilan, pembangunan juga harus melandasi pembangunan demokrasi. Sehingga, sejatinya agenda pembangunan bukan milik pemerintah semata melainkan milik bersama.

Survei adalah alat yang diusahakan dapat menangkap realitas politik dan pemerintah yang tengah terjadi dibenak publik dalam memperoleh pelayanan dan penyelenggaraan pelayanan publik. Pilkada tahun 2013 di Kota Bandung telah membangkitkan optimisme dan voluntarisme yang muncul atas sosok Ridwan Kamil (Emil) dan Oded dengan harapan baru, Kota Bandung dibawah kendali mereka akan lebih baik dari pemerintah yang sebelumnya.

Sumber : http://www.galamedianews.com/bandung-raya/24564/ingin-tahu-hasil-kinerja-emil–oded-pspk–dan-lsid-sedang-membahasnya—.html (akses 5/28/2015 10:33:17 AM)

Comments

comments