Rencana SEMAK dan Perkumpulan INISIATIF untuk Limbangan dan Selaawi

Bertempat di Kantor Perkumpulan INISIATIF, para pelaksana dan pengelola Program Peduli di Kabupaten Garut berkumpul bersama untuk memeriksa sampai sejauh mana pelaksanaan program dan merumuskan agenda bersama ke depan.

Dadan Ramdan dari Perkumpulan INISIATIF memandu pertemuan ini. ia berbagi informasi mengenai target pelaksanaan program dan agenda advokasi di tingkat nasional dan kabupaten yang didapatkan dari pertemuan konsorsium di Jakarta pada hari Senin 16 Juni 2015.

Setelah itu, pertemuan dilanjutkan dengan berbagi informasi mengenai pelaksanaan di lapangan yang disampaikan oleh pelaksana program dari Solidaritas Masyarakat Anak (SEMAK). Dalam sesi ini, beberapa pelaksana program menyampaikan beberapa hal.

Acok, Direktur SEMAK menyampaikan bahwa jauh-jauh hari sebelum bergabung dalam Program Peduli, SEMAK telah terlebih dahulu mendampingi komunitas melakukan pertemuan, merumuskan kegiatan serta meningkatkan kapasitas mereka sampai membentuk organisasi masyarakat setempat.

Namun sejauh ini mereka kebingungan terutama ketika akan menghubungkan program, kegiatan serta kebutuhan pendanaan dengan pihak desa. Bagaimana mekanisme keterlibatan serta bagaimana memastikan pihak desa mau terbuka untuk memasukkan program komunitas ke dalam dokumen perencanaan desa menjadi pertanyaan utama yang sulit dijawab sampai dengan sekarang.

Perkumpulan Inisiatif Dorong Masyarakat LimbanganMenjawab pertanyaan tersebut, Donny dari Perkumpulan INISIATIF mengatakan bahwa mekanisme perencanaan dan penganggaran sebenarnya telah diatur dengan sangat rigid. Dalam aturan tersebut sudah diatur mengenai mekanisme, tata cara dan siapa saja aktor yang seharusnya terlibat dalam setiap proses perencanaan dan penganggaran.

Berdasarkan hal itu, Donny mengusulkan agar ke depan komunitas dampingan SEMAK serta pihak pemerintah desa setempat dilatih agar mempunyai kapasitas dalam proses perencanaan dan penganggaran desa.

Selain itu, karena SEMAK sudah mempunyai modal awal dalam memperjuangkan kelompok eksklusi dampingannya agar dalam melaksanakan program, berangkat dari apa yang sudah mereka lakukan. Menanggapi jawaban tersebut, Acok sepakat atas ide tersebut dan akan segera meneruskan program dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan komunitas setempat dan meminta Perkumpulan INISIATIF untuk ikut serta dalam pertemuan tersebut. Jika tidak ada aral melintang pertemuan tersebut akan diselenggarakan di sekretariat SEMAK untuk Kecamatan Limbangan dan Kecamatan Salaawi pada hari Sabtu tanggal 27 Juni 2015.

Comments

comments