Kerja Sama Memperkuat Kapasitas BPSAB Kabupaten Bandung

Atas prakarsa Dinas Perumahan, Tata Ruang dan Kebersihan (Dispertasih) Kabupaten Bandung, Perkumpulan INISIATIF akan membantu BPSAB (Badan Pengelola Sarana Air Bersih) dalam melaksanakan sensus terhadap pengelola air bersih di Kabupaten Bandung pada tahuan 2015. Bentuk bantuannya adalah dalam hal mendesain dan mengembangkan instrumen, mendampingi pelaksanaan sensus mulai dari pengumpulan, pengolahan, data serta pendampingan laporan sensus.

Poin-poin kesepakatan tersebut didapatkan melalui forum diskusi bersama antara Perkumpulan INISIATIF, Dispertasih Kabupaten Bandung dan BPSAB Kabupaten Bandung yang berlangsung di Kantor Perkumpulan INISIATIF pada tanggal 3 Agustus 2015.

Yana Dachlan, selaku Kepala Seksi Pembinaan Dispertasih mengatakan bahwa salah satu tujuan pelaksanaan sensus ini merupakan bentuk pembinaan kepada para pengelola air bersih. Harapannya sensus ini mampu menghasilkan informasi yang komprehensif mengenai kondisi pengelolaan sumber air bersih di Kabupaten Bandung.

Yana Dachlan juga menyampaikan bahwa salah satu pendorong Dispertasih mengajak Perkumpulan INISIATIF terlibat adalah riwayat kerja sama yang pernah dilakukan dalam melaksanakan Program Audit Sosial Air Bersih Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. Dalam program itu, kedua belah pihak mengembangkan instrumen audit sosial serta pembahasan hasilnya.

Kerja Sama Memperkuat Kapasitas BPSAB Kabupaten BandungSementara itu, Donny Setiawan, Direktur Perkumpulan INISIATIF menyambut baik kesepakatan kerja sama ini. Kerja sama para pihak yang digagas oleh Dispertasih harus dijalankan dengan maksimal. Donny berharap kerja sama seperti ini seharusnya tidak berhenti hanya pada satu program seperti sekarang. Ke depan, Perkumpulan INISIATIF siap terlibat dalam berbagai program untuk mensejahterakan dan menjadikan kondisi masyarakat Kabupaten Bandung menjadi lebih baik.

Effendi sebagai koordinator BPSAB Kabupaten Bandung mengucapkan terima kasih atas kesediaan Perkumpulan INISIATIF yang bekerja sama dalam melaksanakan sensus ini. Ia berharap INISIATIF dapat memberikan masukan sekaligus berbagi ilmunya dalam melaksanakan sensus.

Effendi menyatakan bahwa sensus seperti ini merupakan pekerjaan yang pertama kali dikerjakan oleh BPSAB Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, Effendi berharapa bahwa sensus ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan laporan yang komprehensif. Ia memandang sensus ini merupakan tantangan tersendiri bagi BPSAB Kabupaten Bandung.

Comments

comments