Perkumpulan Inisiatif Menjadi Pusat Kepemimpinan Kebangsaan

Pada tanggal 10-12 Desember 2015 Perkumpulan Inisiatif menyelenggarakan kongres keenam di The Cipaku Garden Hotel Bandung. Kongres tersebut dihadiri oleh anggota Perkumpulan Inisiatif serta menghasilkan beberapa perubahan penting terkait arah gerak, arsitektur organisasi serta program strategis yang akan dijalankan.

Kongres berjalan kurang lebih tiga hari. Dalam kurun waktu tersebut dibahas mengenai Laporan Pertanggung Jawaban Dewan Pengarah dan Badan Pelaksana Perkumpulan Inisiatif periode 2012-2015. Setelah itu pembahasan berlanjut mengenai perubahan Anggaran Dasar Perkumpulan Inisiatif, visi dan misi organisasi, Garis Besar Haluan Organisasi dan terakhir adalah pemilihan anggota yang akan mengisi struktur baru organisasi.

Pada sidang pleno pembahasan hasil kerja Komisi Anggaran Dasar dan Komisi GBHO, dihasilkan sebuah visi dan misi baru Perkumpulan Inisiatif. Visi baru tersebut berbunyi “Menjadi Pusat Kepemimpinan Kebangsaan untuk Mewujudkan Indonesia yang  Berkeadilan, Setara dan Sejahtera” dengan dua misi sebagai berikut : pertama, menjadi sistem bagi kelahiran kepemimpinan nasional. Kedua, menjadi rujukan nasional bagi isu strategis kepemimpinan nasional. Pada praktiknya, perubahan ini mengakibatkan perubahan struktur organisasi.

Dalam Dokumen GBHO yang dihasilkan dalam sidang komisi GBHO, Perkumpulan Inisiatif mempunyai mandat pelaksanaan program ke dalam tiga bagian program pokok. Pertama, adalah Program Ideologi. Kedua, program Politik dan Ketiga adalah program organisasi.

Setelah pleno pembahasan GBHO agenda kongres selanjutnya adalah pemilihan anggota yang akan mengisi struktur organisasi baru yang disebut dengan Dewan Pimpinan Perkumpulan Inisiatif yang terdiri dari lima orang dengan komposisi seorang ketua umum merangkap anggota, seorang sekretaris jenderal merangkap anggota dan tiga orang anggota.

Dalam sidang pemilihan itu, akhirnya terpilihlah lima orang yang akan menjadi anggota Dewan Pimpinan Perkumpulan Inisiatif yaitu : Sapei Rusin, Donny Setiawan, Tubagus Furqon Sofhani, Dadan Ramdan, dan Dadan Saputra.

Setelah pemilihan lima anggota Dewan Pimpinan selanjutnya adalah pemilihan ketua umum dan sekretaris jenderal oleh kelima anggota dewan pimpinan tersebut. Setelah dilakukan musyawarah, disepakati bahwa yang akan menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Perkumpulan Inisiatif Periode 2015-2020 adalah Sapei Rusin dan yang menjadi Sekretaris Jenderal adalah Donny Setiawan, sedangkan tiga lainnya yaitu Tubagus Furqon Sofhani, Dadan Ramdan dan Dadan Saputra menjadi anggota Dewan Pimpinan.

Perkumpulan Inisiatif menjadi....1

Perkumpulan Inisiatif menjadi....2

Comments

comments