Program Magang Inisiatif Jan 2017

Perkumpulan INISIATIF adalah sebuah organisasi yang bercita-cita untuk menjadi pelopor dan rujukan  nasional dalam memajukan kepemimpinan kebangsaan yang mampu meningkatkan derajat kehidupan seluruh anak bangsa. Secara legal-formal didirikan pada tanggal 9 September 2005,  secara aktual kegiatan INISIATIF telah dimulai sejak Juli 2000. Sasaran-sasaran yang INISIATIF saat ini ingin dan berupaya diwujudkan adalah agar menjadi organisasi yang mampu (1) Mengidentifikasi kebutuhkan pengetahuan kepemimpinan yang dapat menjawab masalah penyelenggaraan Negara, (2) Menginisiasi kelahiran kepemimpinan dan memperkuat kapasitas kepemimpinan berbagai institusi negara dan masyarakat. (3) Memproduksi dan mengkomunikasikan pengetahuan kepemimpinan yang dijadikan rujukan perumusan kebijakan public secara nasional. serta (4) Memunculkan dan mengarahkan isu-isu baru kepemimpinan sehingga menjadi isu nasional.

Salah satu upaya Perkumpulan Inisiatif untuk mewujudkan keinginan tersebut adalah dengan membuka peluang bagi para pelajar, pemuda dan mahasiswa untuk belajar melakukan penelitian ilmiah di bidang sosial, ekonomi, politik, secara independen. Untuk itu, ada tiga skema magang yang kami tawarkan bagi mereka yang berminat, yaitu: penelitian yang independen, penelitian tentang konsumerisme, penelitian tentang hak-kewajiban warga negara.

Program Penelitian Independen ditujukan untuk pemuda/pelajar/mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir S1 yang sedang melakukan peneltian untuk tugas akhir/skripsi. Untuk berpartisipasi pada program ini, peserta diminta mengajukan proposal peneltian dan status progress saat ini. Tema penelitian yang kami inginkan adalah tema-tema yang menyasar masalah-masalah spasial/keruangan, sosial, politik, lingkungan, dan layanan publik. Perkumpulan Inisiatif akan melakukan seleksi awal peserta dari proposal ini. Dari seleksi awal ini, beberapa peserta akan diminta untuk mempresentasikan lebih lanjut proposal penelitian dan progressnya. Mereka yang terpilih, bila ada yang terpilih, akan diberikan dukungan dana penelitian antara 5 sampai 10 juta rupiah.

Silahkan anda kirim proposal penelitian anda ke alamat email irdev.inisiatif@gmail.com cc ke inisiatif@inisiatif.org dalam format PDF. Tulis “Lamaran Penelitian Independen” pada judul/subject emailnya. Proposal penelitian yang dimaksud maksimal 5 halaman, singkat tapi lengkap dan informatif.

Program magang untuk penelitian konsumerisme ditujukan bagi pemuda, pelajar SMA, mahasiswa (diploma/sarjana) yang ingin mengembangkan kemampuan untuk melakukan riset sosial-ekonomi untuk kepentingan akademis. Tema penelitian konsumerisme yang kami inginkan adalah tema-tema pemenuhan kebutuhan sehari-hari baik yang sifatnya primer (sandang, pangan, papan), sekunder (pendidikan, kesehatan, transportasi, telekomunikasi) dan tersier (liburan, hiburan).

Program magang untuk penelitian hak-kewajiban warga negara ditujukan bagi pemuda, pelajar SMA, mahasiswa (diploma/sarjana) yang ingin mengembangkan kemampuan untuk melakukan riset sosial-ekonomi untuk kepentingan akademis. Tema penelitian hak-kewajiban warga negara yang kami inginkan adalah tema-tema yang terkait dengan hak-kewajiban warga dalam hal kependudukan, kesehatan, pendidikan, keruangan/spasial, sosial, politik, ekonomi, dan finansial.

Bagi pelamar program magang penelitian konsumerisme dan penelitian hak-kewajiban warga negara, bila terpilih akan diberikan bimbingan dalam melakukan penelitian, uang saku sebesar 750 ribu rupiah per bulan (3 bulan, namun bisa diperpanjang bila dianggap perlu), dan bimbingan untuk mempublikasikan temuan di media akademis atau pun populer.

Peluang ini akan kami tutup tanggal 17 Februari 2017. Program magang akan mulai dilaksanakan per tanggal 1 Maret 2017. Apabila tertarik, silahkan mendaptar secara online dengan me-scan QR code di bawah ini, atau ketik langsung alamat tautan berikut untuk mengisi borang pendaftaran.

magangSebagai penutup, atas ketertarikannya pada program magang di Perkumpulan Inisiatif, kami ucapkan terima kasih.

Banom Irdev

Perkumpulan INISIATIF

Jl. Suryalaya XVIII No.23, Kelurahan Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung 40265

Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Telp./Faks. : +62 22- 733 1105

inisiatif@inisiatif.org

www.inisiatif.org

Comments

comments