Enam, Kemudian Dua dan Satu

Sebagaimana undangan untuk melamar program magang dan penelitian di Inisiatif yang telah disebarluaskan, akhirnya tersaringlah 15 orang untuk menjalani seleksi lanjutan berupa wawancara/paparan proposal penelitian. Banom Irdev sendiri telah menerima 4 lamaran penelitian independen, 5 lamaran magang untuk penelitian bertema konsumerisme dan 7 lamaran magang untuk penelitian bertema hak-kewajiban warganegara. Dari 16 lamaran, 1 lamaran penelitian independen gugur dalam seleksi administrasi karena topik yang diajukan tidak sesuai seperti yang diumumkan.

Acara seleksi lanjutan berlangsung di Kantor Perkumpulan Inisiatif pada penghujung Bulan Februari 2017. Saat acara dibuka oleh Pius Widiyatmoko (Biro Pengelolaan Pengetahuan dan Komunikasi Publik) sekitar pukul 10.30an WIB, Kartika A., Canggih Prabowo, Edy Haryanto, Fauzie Rahman, Totoh W. T dan Tammy Fadhly T. sudah duduk mengelilingi meja persegi Inisiatif.

Keenam pelamar menyimak penjelasan alur, seraya menerima lembar catatan yang dibagikan oleh Anggita Clara Shinta, staf Banom Irdev. Dan sebelum hidangan makan siang dari dapur Inisiatif tersaji untuk disantap, mereka juga mendapatkan gambaran soal organisasi Perkumpulan Inisiatif (PI) dan apa yang dikejar orang-orang yang berhimpun di dalamnya, langsung dari Ketua Dewan Pimpinan PI, Sapei Rusin.

Ari Nurman, penanggung jawab program magang sekaligus Anggota PI di Banom Irdev, menjelaskan lebih gamblang latar belakang program dan 2 tema yang dipilih. Dalam paparannya, Ari mengambil contoh Arcandra Tahar, Gloria Natapraja Hamel dan Daeng Jawa sebagai pintu masuk pembahasan tema penelitian hak-kewajiban warganegara. Dia menjuduli paparannya What does it means to be An Indonesian ?. Tema konsumerisme dibahas dengan pancingan tayangan video-video pendek, antara lain soal kebiasaan orang membeli makanan dan pakaian.

Sampai akhirnya tiba santap siang, Sifa Nur Hidayah dan Ridwan R. serta beberapa saat kemudian Gugun Faisal menambah ramai ruang rapat Inisiatif. Keseluruhan pelamar yang akhirnya datang adalah 9 orang.

Dari 9 pelamar yang datang, dua di antaranya merupakan pengaju proposal penelitian independen. Kartika A. dan Canggih Prabowo, secara berurutan memaparkan proposal penelitian mereka dengan dipandu Ari Nurman. Masing-masing mengusung isu kesehatan dan energi panas bumi.

Sedangkan ketujuh pelamar program magang, sembari menunggu dipanggil wawancara satu per satu ke lantai satu kantor PI, mengikuti jalannya paparan dan diskusi penelitian independen di lantai dasar. Sapei Rusin, Donny Setiawan, Sekretaris Jenderal PI, dan M. Ikhsan, Ketua Banom Inisindo menangani sesi wawancara pelamar program magang.

Para pelamar yang sudah menyelesaikan paparannya atau menjalani wawancara kemudian mendapatkan informasi tentang kapan pengumuman akan diberikan. Pasca hari itu atau maksimal lusa setelah hari itu, ke-9 pelamar akan mendapatkan kepastian diterima tidaknya mereka di program PI ini.

Hari itu adalah Selasa, 28 Februari 2017. Acara disudahi sekitar jam 15.00 WIB.

Comments

comments