Pembangunan Kota Tasik Membanggakan Tapi Ketimpangan Pendapatan Warga Jomplang

BANDUNG, (KAPOL).- Aktifis Inisiatif Bandung asal Kawalu Kota Tasikmalaya, Nandang Suherman menilai pembangunan Kota Tasikmalaya sejak dipimpin H. Budi Budiman dengan Wakilnya, H. Dede Sudrajat cukup membanggakan.

Jalur transportasi “lalecir”, fasilitas bisnis bermunculan dan kepemilikan roda dua maupun empat warga juga bertambah. Dampaknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tasikmalaya mencapai 69,99 persen atau sudah diatas rata-rata IPM Provinsi Jawa Barat.

IPM menurut Nandang, metode pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua warga di seluruh dunia. IPM digunakan untuk mengklasifikasi suatu daerah apakah maju, berkembang atau terbelakang.

“Harus diakui kalau untuk pembangunan infrastruktur kota cukup membanggakan. Tinggal yang lain,” kata Nandang, Jum’at (18/11/2016).

Meski demikian, Nandang menyoroti masih besarnya ketimpangan pendapatan masyarakat atau gini rasio warga Kota Tasikmalaya paling tinggi se-Jawa Barat. Ini berarti ada kebijakan pemerintah yang belum merata karena yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.

“Buktinya tingkat kemiskinan masih paling tinggi di Jabar dengan 15,5 persen,” ujarnya.

Untuk itu, Nandang meminta persoalan pengentasan kemiskinan harus mendapat prioritas di janji kampanye para kandidat karena pembangunan yang cukup membanggakan ini baru dinikmati sebagian penduduk saja.

“Artinya jalan lecir tapi belum bisa meningkatkan pendapatan warga miskin yang akhirnya tingkat kemiskinan masih tinggi,” ucapnya.

Nandang pun menyangsikan Pilkada Kota Tasikmalaya 2017 akan merubah keadaan tersebut dalam perbaikan kesejahteraan warga miskin. Pasalnya, kalau melihat visi misi program prioritas juga belum terlihat strategi pengentasan kemiskinan secara masif.

“Saya meyakini Pilkada tak akan merubah orang miskin. Ya cuma peralihan kemempinan saja atau tetap pemimpinnya,” tutur Nandang. (Jani Noor)

Sumber : https://kabarpriangan.co.id/%E2%80%8Bpembangunan-kota-tasik-membanggakan-tapi-ketimpangan-pendapatan-warga-jomplang/ (akses 3/30/2017 11:08 AM)

Comments

comments