Bunda Text Talk, Inovasi Baru Puskesmas Pule Trenggalek untuk Sarana Konsultasi Ibu Hamil di Pedesaan.

Bertempat di Aula Kecamatan Pule KabupatenTrenggalek, hari ini (17/05/2017) dilaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Uji Coba Bunda Text Talk (BTT). Sosialisasi ini diikuti oleh bidan desa, kepala desa, kader posyandu, perwakilan ibu hamil se-Kecamatan Pule.

BTT ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil khususnya yang berada dipedesaaan dengan kondisi geografis yang sulit. Dengan adanya BTT ini diharapkan pelaksanaan konsultasi bisa dilakukan tanpa harus tatap muka antara bidan dengan ibu hamil, sehingga faktor penghambat geografis berupa pegunungan bisa dikurangi.

“Kondisi jalan yang naik turun dan kurang baik membuat warga di kecamatan pule kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu juga karena tempat yang jauh membuat masyarakat resah dan malas untuk memeriksakan kandungan bisa memanfaatkan BTT” begitu penjelasan Nandang Suherman salah satu narasumber dari KOMPAK ini.

Lebih lanjut secara teknis, Dani salah narasumber yang dihadirkan pada kegiatan sosialisasi ini menjelaskan cara kerja dan pengoperasian BTT ini. BTT atau Bunda Text Talk adalah percakapan melalui tulisan, alur informasi dan konsultasi tentang kehamilan. Tujuannya adalah memantau perkembangan sesuai trimester atau usia kehamilan. Para ibu juga bisa menanyakan keluhan-keluhan atau informasi tentang kehamilannya.

 “Sasaran BTT ini adalah ibu hamil dan pendamping khususnya suami, karena suami juga harus mengetahui perkembangan kehamilan, keluhan istri, dan apa yang harus di perhatikan selama kehamilan”, Papar Dani dihadapan Camat dan seluruh peserta.

Agar konsultasi antara ibu hami dan bidan bisa terjalin dengan baik, berikut tahapan BTT ini. Cara mendaftarnya ialah dengan mengetik REG#NAMA DESA#NAMA IBU HAMIL#USIA KEHAMILAN(MINGGU)#NAMA SUAMI#NO.TELP dan kirim ke nomor server  BTT (+62 857-2102-6923). Setelah terdaftar maka bidan dan kader desa akan mengirimkan informasi melalui sms yang terjadwal sesuai waktu yang di sepakati kedua belah pihak. Untuk mengajukan pertanyaan atau keluhan, ibu hamil dapat    mengirimkan sms dengan cara ketik Tanya#Pertanyaan dan kirimkan ke server BTT.

Dilain tempat, Dokter Bambang sebagai Kepala Puskesmas Pule berharap inovasi kesehatan ini dapat membantu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Desa Jombok khususnya dan 10 desa lainnya di Pule. Tidak hanya untuk kehamilan, program ini juga untuk konsultasi ASI eksklusif dan gizi buruk.Harapan Dokter Bambang agar ibu-ibu bisa melahirkan generasi penerus yang lebih cerdas dan bisa bersaing dengan negara-negara maju.

“Sebetulnya di Kecamatan Pule ini program BTT hanya untuk satu desa yaitu Desa Jombok, namun untuk kemajuan dan memudahkan informasi bagi ibu hamil maka mengikutkan sepuluh desa sekecamatan untuk program ini” terang Dokter Bambang kepada pewarta.

Reporter : Nurul Aini dan Uyung Marsianto – Jurnalis Warga Trenggalek

Sumber : http://www.nggaleknews.com/2017/05/bunda-text-talk-inovasi-baru-puskesmas.html (akses 5/20/2017 11:59:40 AM)

Comments

comments