Mudahkan Layanan Ibu Hamil, GeRAK Latih Tenaga Kesehatan Kelola Aplikasi BTT

KABAR BIREUEN – Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh mitra The Asia Foundation (TAF) dalam program Social Accountability and Public Participation (SAPP), adakan pelatihan terkait pengelolaan aplikasi Bunda Text Talk (BTT) sebagai ruang konsultasi ibu hamil di Kabupaten Bireuen, khususnya Kecamatan Simpang Mamplam.

Evan Saputra selaku Program Manager SAPP dari GeRAK Aceh, menyampaikan tujuan secara umum dari pelatihan tersebut untuk mengoptimalkan pelayanan konsultasi dan konseling kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak. Dengan saluran teknologi komunikasi sebagai sarana pengetahuan dan pendidikan kesehatan.

“Tujuan lain juga dari kegiatan ini adalah untuk meningkatnya pengetahuan serta keterampilan kader dan tenaga kesehatan skala desa, dalam mengelola sistem aplikasi berbasis telekomunikasi seluler di desanya,” paparnya saat pembukaan kegiatan.

Pelatihan yang berlangsung dari Senin-Kamis, 27-30 November 2017, menghadirkan narasumber dari Perkumpulan Inisiatif Jawa Barat, pencetus aplikasi BTT. Nandang Suherman dan Dani Nurjaman merupakan fasilitator sekaligus pemateri dalam kegiatan tersebut.

Dani sebagai fasilitator teknis dari aplikasi BTT, menyampaikan banyak materi dan juga menagajarkan peserta melakukan praktik langsung penggunaan dan pengelolaan aplikasi tersebut.

“Bunda Text Talk merupakan sistem promosi kesehatan yang bertumpu pada pemberdayaan masyarakat, mendorong kemandirian masyarakat dalam mengelola dan menguatkan saluran komunikasi,” jelas Dani dalam penyampaian materi BTT.

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya, perwakilan dari lima Puskesmas yang sudah akreditasi di Kabupaten Bireuen (Puskesmas Jangka, Kutablang, Gandapura, Jeumpa dan Peudada), kader Posyandu dan Bidan dari Gampong Meunasah Asan, Paku, Balee dan Krueng Meuseugob, serta Bidan Koordinator di Kecamatan Simpang Mamplam dan Dinas Kesehatan. (Jurnalis Warga/Yurnaida/Mulyani/Rosmini)

Sumber : https://kabarbireuen.com/mudahkan-layanan-ibu-hamil-gerak-latih-tenaga-kesehatan-kelola-aplikasi-btt/ (akses 2 Desember 2018)

Comments

comments