Belajar Pengembangan Portal Keterbukaan Anggaran ke Ukraina

Pembangunan portal keterbukaan data berkembang pesat di Ukraina, sebuah negara di Eropa Timur pecahan Uni Sovyet. Hari ini, semua data anggaran nasional dan proses tender setiap proyek pemerintah dapat dipantau secara online. Kondisi ini tidak terjadi tiba-tiba. Kelompok masyarakat sipil mempunyai peran yang dominan dalam mendorong perubahan tersebut. Centeral Eidos, sebuah Non Government Organization (NGO) yang salah satu fokusnya mendorong keterbukaan informasi publik adalah salah satu NGO yang menjadi lokomotif perubahan tersebut.

Peran  Central Eidos dalam mendorong keterbukaan data anggaran layak untuk dipelajari oleh NGO lain yang juga mempunyai focus dalam permasalahan keterbukaan data anggaran. Berdasarkan hal tersebut, Perkumpulan Inisiatif atas undangan dari International Budget Partnership (IBP) yang berkedudukan di United States (US) menghadiri lokakarya pertukaran pembelajaran mengenai  pengembangan portal keterbukaan data yang dilaksanakan di Ukraina dari tanggal 18-20 Februari 2019.

Dalam lokakarya selama tiga hari tersebut, peserta lokakarya saling belajar mengenai praktik pengembangan portal keterbukaan data anggaran dari setiap peserta. Memperbaharui informasi mengenai  perkembangan dan kecenderungan global dalam pengembangan portal keterbukaan data.  Mempelajari proses pengembangan portal data anggaran kepada Centreal Eidos, Pemerintah Ukraina serta NGO yang focus dalam pengembagan aplikasi dan portal keterbukaan data di Ukraina.

Loren Rivero, dari Global Initiatives Fiscal Transfarency (GIFT) menyatakan bahwa era keterbukaan data anggaran atau bisa dimaknai dengan era keterbukaan fiscal sedang mengalami perubahan dari generasi kedua ke generasi ke tiga. Pada generasi kedua, keterbukaan fiscal ditandai dengan pemenuhan kebutuhan data berdasarkan kehendak pemerintah. Sementara itu, pada generasi ke tiga pemenuhan kebutuhan data bukan berdasar pada kehendak pemerintahsaja  namun juga berdasar pada kebutuhan masyarakat atau disebut dengan keterbukaan fiscal berbasis berbasis masyarakat. Selanjutnya, Lorena juga menyampaikan bahwa pada generasi ke tiga ini jenis portal yang dibutuhkan adalah portal dengan dengan jenis komunikasi dua arah. Dalam jenis komunikasi dua arah ini terjadi dialog antara pihak pemerintah dengan masyarakat.Selain itu, dalam penggunaan chanel ini mensyaratkan media social sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam chanel tersebut.

Vlodymir Tarnay, aktivis dari Central Eidos memberikan paparan panjang dan menarik mengenai langkah mereka dalam memperjuangkan keterbukaan informasi dan data angaran di Ukraina. Perjuangan mereka diawali dengan mendorong lahirnya undang-undang keterbukaan informasi. Upaya mendorong keterbukaan informasi di Ukrainan bukan hal mudah. Undang-undang keterbukaan ini lahir dari proses panjang yang melibatkan banyak pihak. Dinamika politik di Ukraina mempunyai kontribusi penting dalam proses penerbitan undang-undang tersebut. Dalam kondisi politik Ukraina yang dinamis, Central Eidos berperan aktif untuk  melakukan loby dan kampanye terhadap pihak eksekutif dan legislatif. Centeral Eidos bekerja sama dengan pihak pemerintah untuk menyusun draft undang-undang keterbukaan informasi, mendorong pihak eksekutif untuk membahas draft undang-undang dengan serius melalui sidang-sidang di parlemen.

Setelah undang-undang keterbukaan informasi tersebut terbit, Centeral Eidos kemudian mulai mengembangkan portal keterbukaan data anggaran di tingkat nasional. Melalui situs yang mereka buat, Centeral Eidos mempublikasikan berbagai data pelaksanaan proyek yang didanai anggaran nasional. Selain mempublikasikan berbagai data anggaran setiap proyek, portal yang dikembangkan oleh Central Eidos juga mempublikasikan hasil pemantauan pelaksanaan program. Untuk pekerjaan pemantauan pelaksanaan program tersebut, Central Eidos bekerja sama dengan masyarakat penerima manfaat program tersebut. Kolaborasi antara Central Eidos dengan masyarakat  tersebut telah menghasilkan cerita-cerita perubahan yang menarik untuk didiskusikan lebih dalam. Namun diakui oleh Vlodymir, pekerjaan pembuatan portal yang dibuat oleh Centeral Eidos belum bisa dikatakan selesai. Portal tersebut masih dalam proses pengembangan.

Selain informasi dari GIFT dan Central Eidos, dalam lokakarya tersebut peserta juga berdiskusi dengan pihak pemerintah dan konsultan pengembangan portal keterbukaan data . Pihak pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Keuangan, menyatakan bahwa portal keterbukaan data yang sedang dikembangkan baru mengenai keterbukaan dalam pengadaan barang jasa proyek-proyek pemerintah ditingkat nasional. Dalam satu sesi diskusi dengan pejabat dari kementerian keuangan, mereka menyatakan bahwa upaya keterbukaan data di Ukraina, lahir dari proses yang tidak mudah. Dalam proses penyusunan program dan alokasi anggaran, perdebatan dan diskusi dengan pihak legislative merupakan langkah penting yang selalu berjalan dinamis. Perdebatan dengan pihak legislative selalu berkaitan dengan kondisi politik nasional yang juga berkembang dinamis. Keterlambatan penerbitan dokumen pelaksanaan proyek nasional selalu membayangi di setiap tahunnya. Setelah dokumen perencanaan program selesai di susun baru kemudian berbagai dokumen tersebut masuk ke tahap pengadaan. Dalam tahap pengadaan tersebut, semua proses bisa dipantau dari mulai pengumuman pelelangan, proses pelelangan, pelaksanaan proyek hingga evaluasi proyek.

Dalam sesi lain, peserta berdiskusi dengan salah satu konsultan pengembangan informasi dan teknologi paling berpengalaman di Ukraina, yaitu Social Boost. Social Boost merupakan konsultan yang mempunyai tujuan utama menjadi jembatan antara aktivis NGO, Pemerintah dan perusahaan dalam pengembangan teknologi untuk kemajuan pembangunan ekonomi di Ukraina. Pada tahun 2014, melalui kerja sama dengan berbagai kalangan, Social Boost menginisiasi sebua portal keterbukaan data yang kemudian didopsi oleh Pemerintah Ukraina sampai sekarang. Tidak berhenti sampai disana, Social Boost kemudian mengembangkan sebuah incubator yang memfasilitasi para teknisi informasi teknologi untuk mengembangkan berbagai portal yang berkaitan dengan kepentingan publik. Inkubator tersebut dinamai 1991 Inkubator. Dari tahun 2016 sampai dengan sekarang, Inkubator 1991 telah berhasil mengembangkan kurang lebih 50 aplikasi, diantaranya aplikasi mengenai pemberantasan korupsi, bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Namun demikian, Denis Gursky, CEO Social Boost menyatakan bahwa upaya mewujudkan portal keterbukaan data anggaran di Ukraina bukan berarti tanpa hambatan. Di Ukraina masih ada pihak yang kurang berterima dengan upaya keterbukaan data. Namun hal tersebut adalah hal biasa. Itu adalah tantangan yang harus segera di jawab.

Belajar dari berbagai cerita di setiap sesi lokakarya tersebut, setidaknya ada beberapa catatan menarik mengenai pengembangan portal keterbukaan data anggaran di Ukraina. Pertama, Inisiatif masyarakat sipil dalam mendorong perubahan terutama dalam mendorong keterbukaan data anggaran. Yang menarik untuk dijadikan pembelajaran adalah mengenai konsistensi dan kesungguhan organisasi masyarakat sipil untuk terus mengembangkan dan menyempurnakan portal yang sedang di susun. Kedua, adanya kemauan dan keterbukaan dari pihak pemerintah untuk berkolaborasi membangun portal keterbukaan data anggaran. Yang menarik untuk dijadikan pembelajaran adalah mengenai proses dan upaya pengembangan kolaborasi antara pemerintah dan kelompok masyarakat sipil dan kelompok lainnya. Ketiga, adanya pembagian kerja yang menarik antara kelompok masyarakat sipil itu sendiri. Dari sesi diskusi di 1991 inkubator, terlihat bahwa Social Boost sebagai kelompok masyarakat sipil mempunyai focus menarik disbanding NGO lainnya. Keputusan untuk focus di bidang teknologi dan memanfaatkan teknologi yang mereka kembangkan untuk perubahan social secara umum dan keterbukaan data anggaran secara khusus bagi saya adalah sebuah contoh model ideal yang menarik untuk dikembangkan di tempat lain.

Ukraina_2

Comments

comments