Pengarusutamaan Reforma Agraria Dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Lingkungan

Bandung,22 September 2014. Memperingati Hari Tani Nasional  pada 24 September 2014, Organisasi Masyarakat Sipil di Jawa Barat yang tergabung dalam ALIANSI JAWA BARAT (ALJABAR) menyelenggarakan kegiatan DIALOG HARI TANI NASIONAL dengan Tema “Pengarusutamaan Reforma Agraria dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Lingkungan Hidup”. Dialog ini akan dilaksanakan pada hari Selasa, 23 September 2014 mulai pukul 09.00 sd 14.00 di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Jalan Perintis Kemerdekaan No 5 Bandung.

Tujuan dari diselenggarakan dialog ini adalah berbagi gagasan dan pemikiran mengenai jalan baru reforma agrarian untuk menjamin keadilan agrarian sekaligus keadilan lingkungan hidup, upaya penanggulangan pemiskinan di Jawa Barat. Kegiatan dialog publik ini juga dilakukan sebagai salahsatu bentuk bentuk dukungan solidaritas bagi kaum tani dan warga yang memperjuangkan keadilan pengelolaan lahan /agrarian yang saat ini terancam oleh investasi perusahaan-perusahaan bisnis property, pertambangan dan monopoli penguasaan lahan oleh korporasi skala besar.

Kemiskinan yang terjadi di Jawa Barat baik di Perdesaan dan perkotaan salahsatu faktor penyebabnya adalah terbatasnya aset dan akses warga/kaum tani  terhadap lahan/tanah sebagai sumber penghidupan. Kemudian, tata kelola agraria yang keliru dan tidak mempertimbangkan aspek keberlanjutan alam berdampak semakin buruknya kualitas lingkungan hidup. Dua persoalan ini yang ingin dibahasa dan dipecahkan dengan mengkontruksi pelaksanaan reforma agraria dalam konteks pembangunan wilayah, khusunya di Jawa Barat.

Panitia Hari Tani mengundang sekitar 100 orang partisipan yang mewakili lembaga pemerintahan provinsi Jawa Barat, organisasi tani, organisasi mahasiswa, kepemudaan dan media dan para pihak lainnya. Dialog Hari Tani akan diawali dengan paparan Bappeda Jawa Barat sebagai Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Jawa Barat yang akan memberikan materi mengenai Arah Kebijakan Pembangunan Jawa Barat Untuk Meningkatkan Derajat Kehidupan Kaum Tani Menuju Petani Sejahtera dan Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan di Jawa Barat : Rekapitulasi Program Penanggulangan Kemiskinan di Jawa Barat.

Kemudian, ditindaklanjuti dengan paparan dari pemantik dialog diantaranya M Iksan (ALJABAR) memberikan paparan mengenai jalan baru reforma Agraria, Donny Setiawan (Perkumpulan Inisiatif) memberikan paparan Formulasi Kebijakan Perencanaan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Reforma Agraria, Dadan Ramdan (Walhi Jawa Barat) memberikan paparan tentang Perencanaan Pembangunan Berbasis Daerah Aliran Sungai (DAS): Kritik Terhadap Proyek-Proyek Pembangunan Pertanian dan Arip Yogiawan (LBH Bandung) memberikan materi Urgensi dan Prospek Pelembagaan Penanganan Sengketa dan Konflik Agraria dan Perlindungan Kaum Tani.

Dalam dialog publik pada momentum Hari Tani ini, Seniman dan aktivis sosial Rahmat Jabaril dan Gerbong Bawah Tanah menyelenggarakan pameran lukisan tentang agraria dan masalah-masalahnya serta melakukan performance art bertemakan agraria. Pembacaan puisi akan dilakukan oleh aktivis sosial Juandi Rewang. Demikian Terimakasih.

Kontak Person
1. Eri Hermawan (Ketua Panitia/ALJABAR) /081395030600
2. Dadan Ramdan (Panitia /Walhi Jawa Barat) 082116759688

Silahkan mengunduh di sini.

Comments

comments