KID Gelar Sidang Sengketa Informasi Setda Jabar

BANDUNG (bisnis-jabar): Anggota LSM Perkumpulan Inisiatif Bandung, Pius Widiyatmoko melaporkan Setda Provinsi Jawa Barat pada Komisi Informasi Daerah. Setda dianggap masih belum mampu memberikan keterbukaan informasi pada masyarakat.

“’Dua kali saya datang ke Setda Provinsi Jabar untuk meminta data, sama sekali tak ditanggapi,” katanya pada wartawan usai Sidang Pembacaan Putusan KID terkait Laporan Sengketa Informasi antara Pius dan Setda Provinsi Jabar, hari ini.

Pius menjelaskan, dirinya datang ke Setda Provinsi Jabar pertama kali untuk meminta data rekapitulasi lembaran daerah. Namun, tak ditanggapi. Kemudian, Ia datang lagi ke Setda Provinsi Jabar untuk meminta data APBD Provinsi Jabar 2008 sampai 2011. Dari mulai perencanaan, penjabaran sampai laporan pertanggungjawaban.

Menurutnya, ia memerlukan data tersebut untuk menganalisis anggaran bencana di Jabar. Ia akan meneliti tentang anggaran bencana tersebut.  Sayang, lagi-lagi Setda tidak memberikan informasi.

Pihaknya akhirnya melaporkan hal ini KID yang langsung menggelar sidang sengketa informasi. Namun, saat proses mediasi dua kali, termohon dalam hal ini Setda Provinsi Jabar tak hadir dan mengirimkan orang yang tak sesuai kapasitasnya.

Menurut Majelis Komisaris Komisi Informasi Ane Friday Safari, Pius memang sudah dua kali melaporkan ke KID soal sengketa informasi dengan Setda Jabar. Saat mediasi, Setda Jabar pernah tak datang. Begitu juga, saat putusan sidang sengketa, tak ada perwakilan Setda Provinsi yang datang.

”Memang, hadir di sidang sengkata informasi ini  sikapnya sukarela tak bisa memaksa,” kata Ane.

Menurut Ane, sidang sengketa yang digelar KID hasilnya memutuskan, Setda Provinsi harus memberikan informasi sesuai yang diminta pemohon yakni Pius. “Putusan ini, mengikat setara dengan putusan pengadilan,” katanya.

Sayangnya meski putusan tersebut diberikan, jika Setda tak menjalankan menurutnya tidak ada sanksi apapun. “Namun, kalau pemohon sengketa informasi masih belum puas dengan keputusan tersebut, bisa membawa ke pengadilan,” katanya. (ajz)

Sumber : http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/kid-gelar-sidang-sengketa-informasi-setda-jabar (akses 8/23/2013 11:41:46 AM)

Comments

comments