Masyarakat Harus Terlibat dalam Audit Sosial Permasalahan Air Bersih

Bisnis.com, BANDUNG—Perkumpulan Inisiatif Bandung menilai buruknya penyediaan air bersih karena kurangnya keterlibatan masyarakat dalam perencanaan, pembangunan, dan pemeliharaan.

Rizki Estrada, Peneliti Perkumpulan Inisiatif, mengungkapkan kurang perhatiannya masyarakat tersebut akhirnya berimbas pada penyelewengan yang ada dalam pembangunan fasilitas termasuk air bersih menjadi tidak dikritisi.

“Masyarakat seharusnya dilibatkan, diajak merencanakan, membangun, dan menjaga. Hasilnya, nanti dapat melakukan audit sosial dengan mengawasi dan menilai jika ada masalah untuk dilaporkan,” katanya, Selasa (23/12/2014).

Menurutnya, dalam melakukan audit sosial untuk akuntabilitas publik masyarakat dapat memulain dengan membuat tim terkait okumen proyek yang berisi anggaran dan petunjuk pelaksanaan proyek.

Pada kasus air bersih, ujarnya, yang dapat dilakukan masyarakat dalam proses audit sosial adalah melakukan pengecekan di lapangan, menghitung debit air, kualitas, dan infrastruktur.

“Proyek pemerintah seharusnya dijalankan secara baik dengan melibatkan masyarakat dan jika ada penyelewengan, maka masyarakat bersama pemerintah atau lembaga terkait dapat melakukan perbaikan.”

Sumber : http://bandung.bisnis.com/m/read/20141223/5/523526/masyarakat-harus-terlibat-dalam-audit-sosial-permasalahan-air-bersih (akses 12/27/2014 8:01:53 PM)

Comments

comments