Analisis Struktur Ruang Politik Pemuda Penyandang Disabilitas Kota Bandung

Kesadaran politik tampaknya menjadi aset utama dalam pemilihan informasi dan orientasi warga negara terhadap isu-isu politik menuju partisipasi politik. Partisipasi politik merupakan salah satu aspek penting dalam Pemilu, dan lebih luas untuk tatanan Negara demokrasi. Dalam kontek partisipasi politik pemuda dan penyandang disabilitas secara hukum telah diakui memiliki hak politik yang sama dan setara. Akan tetapi, menilik tentang sejauhmana anak muda dengan ragam disabilitasnya mampu menggunakan hak politiknya, amat sedikit untuk didalami dan ada beragam factor yang mempengaruhinya.

Perkumpulan INISIATIF melakukan kajian untuk melihat tentang struktur peluang politik bagi anak muda dengan disabilitas, yang pada dasarnya unit dasar struktur politik itu adalan peran individunya, yang menguraikan tentang pola-pola perilaku dalam menentukan dan menetapkan harapan dan tindakan sendiri dan atau pada orang lain. Pada hasil kajian yang dilakukan di Kota Bandung, menemukan secara hukum dan sederet peraturan perundang-undangan telah cukup banyak memberikan kesempatan bagi pemuda disabilitas untuk memberikan peluang dalam mengisi jabatan public dan politik sebagai bentuk dari penghormatan dan perlindungan atas hak politiknya.

Silahkan membaca di sini. (Jika mau mendapatkan softcopy-nya, silahkan mengajukan permintaan ke inisiatif@inisiatif.org)

Comments

comments